Menggali Potensi Desa Sumberrejo

Tiap-tiap desa dianugerahi potensi yang beraneka ragam, Salah satunya yakni desa Sumberrejo, potensi tersebut dapat menjadikan modal dalam pelaksanakan pembangunan untuk rakyat agar makmur dan sejahtera. Potensi desa tersebut baik mencakup sumber daya manusianya ataupun sumber daya alamnya. Hal ini tertera dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, yang mana sebagai pemerintah desa bersama masyarakat desa bersama-sama merealisasikan pendekatan Dalam rangka untuk membangun desa dan desa membangun dengan semangat gotong royong serta memanfaatkan peluang  kearifan lokal dan sumber daya alam desa yang ada untuk mencapai peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dengan tersedianya pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana prasarana, mengembangkan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan dengan berkelanjutan.

Salah satu potensi yang terdapat di desa Sumberrejo antara lain Pertama,

potensi pertanian.

Di desa Sumberrejo mayoritas beberapa warganya sudah bertani, dengan didukung lahan dan tempat yang strategis. Maka dari itu ini adalah bagian penting dalam pembangunan desa Sumberrejo. Dengan saat ini dituntut dengan desa harus mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pertanian.

Maka dari itu, pemerintah desa Sumberrejo sangat mendukung dengan menetralisir tingginya peralihan fungsi lahan pertanian ke non pertanian dan membuat peraturan desa agar bisa memproduksi bahan pangan yang utamanya menjadi kebutuhan masyarakat desa dan bahkan masyarakat kota.

Kedua,

Potensi Peternakan.

Peternakan burung puyuh

Setelah bertani beberapa warga desa Sumberrejo sebagai peternak. Peternakan ini dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarat desanya utamanya desa Sumberrejo. salah satu warganya beternak sapi yang sekarang memanfaatkan biogas yang dihasilkan dari kotoran atau feses.

Biogas adalah salah satu alternatif energi terbarukan dan bisa kita kembangkan hingga ke perdesaan, bahkan ke rumah-rumah. Biogas tersebut sudah diterapkan dipeternakan milik Bapak Sukono di Dk. Sentul.

Peternakan sapi

Dan para Mahasiswa KKN-IK IAIN KUDUS Kec. GunungWungkal Ds. Sentul melakukan pengamatan tentang potensi didesa Sumberrejo salah satunya Peternakan puyuh milik Bapak Kusno di Dk. Sentul.

Tak hanya itu masih banyak potensi desa tersebut seperti home industry dan lain sebagainya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan dalam membangun desa.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan